Pengertian, Manfaat, Unsur-Unsur Dan Contoh Resensi Buku Terbaru

Untuk seorang pembaca, resensi buku merupakan hal yang penting. Dengan adanya contoh resensi buku, maka pembaca bisa mengetahui ulasan dari sebuah buku yang akan dibaca. Resensi buku tidak selalu mempunyai sudut pandang yang sama untuk satu orang dan orang lainnya. Ulasan buku yang dibuat oleh penikmat buku dibuat berdasarkan sudut pandang dirinya sendiri dan tidak dipengaruhi oleh pendapat orang lain tentang buku yang di ulas.

Biasanya dalam melakukan ulasan atau resensi buku memang menggunakan sudut pandang dari orang yang melakukan resensi tersebut. Masing masing orang yang melakukan resensi tentu memiliki sudut pandang yang berbeda karena dalam hal ini lebih pada berdasarkan bagaiman orang yang merensi mengambil sisi ulasan yang digunakan.

Mungkin bagi kamu yang memiliki hobi melakukan ulasan atau resensi buku sudah paham mengenai hal tersebut dan sudah biasa melakukan ulasan untuk sebuah buku. Ulasan atau resensi ini dibuat biasanya karena hobi sendiri atau kepentingan lainnya.

Pengertian Resensi Buku

Kata resensi berasal dari bahasa asing “recensie” atau “revidere” yang berarti suatu bentuk penilaian yang diberikan seseorang. Menurut KBBI, resensi diartikan sebagai penjelasan ulasan dari sebuah buku. Resensi buku yang benar dan baik sangat bermanfaat bagi siapapun baik itu yang membacanya atau yang membuatnya.

Kegiatan menulis resensi buku menjadi suatu kegiatan yang menuntut seseorang menjadi kritis untuk bisa menuliskan kelebihan dan kekurangan dari sebuah karya. Dalam penulisan resensi buku harus menunjukkan identitas, sinopsis, dan informasi lain yang penting dalam sebuah buku untuk diketahui pembacanya.

Manfaat-Manfaat Resensi Buku

Dari resensi sebuah buku, ada banyak manfaat yang bisa diambil oleh seseorang. Resensi yang dibuat tidak hanya terbatas pada buku fiksi atau novel saja, tapi berlaku untuk semua jenis buku. Manfaat-manfaat tersebut diantaranya :

  1. Sebagai bahan pertimbangan

Resensi buku yang baik, benar, dan lengkap bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi semua pembaca resensi tersebut. Pasalnya setelah membaca resensi buku ada banyak informasi yang didapatkan untuk dijadikan bahan pertimbangan mulai dari sinopsis, kelebihan, dan kelemahan buku.

  1. Sumber penghasilan bagi pembuat

Bagi pembuatnya, resensi buku bisa mendatangkan penghasilan yang besar. Sebuah resensi yang banyak dibaca akan memperoleh keuntungan tersendiri bagi pembuatnya. Selain itu, pembuat resensi bisa mendapatkan untung dari pengarang buku yang dibuatkan resensi.

  1. Media promosi buku

Resensi buku bisa dijadikan sebagai media promosi untuk sebuah buku yang baru diterbitkan. Dengan menggunakan resensi ini membuat buku yang diterbitkan bisa lebih populer di pasaran.

  1. Pengembang kreativitas

Semakin sering seseorang membuat resensi buku, hal ini bisa membantu mengembangkan kemampuan dan kreativitas pembuat resensi dalam mengulas sebuah karya.

Unsur-Unsur Penting Yang Harus Ada Dalam Resensi Buku

Dalam penulisan resensi buku tidak bisa dibuat sembarangan, artinya harus mengikuti dan menampung berbagai unsur-unsur penting yang terdiri dari :

  1. Identitas buku mencakup judul buku, nama pengarang, nama penerbit, jumlah halaman, tahun penerbitan, dan nomor edisi terbit.
  2. Ikhtisar buku, disusun berdasarkan kebutuhan buku itu sendiri mulai dari isi dan alurnya.
  3. Pengarang buku, dicantumkan bertujuan untuk mengulas pengarang dan menentukan latar belakang penulisan buku.
  4. Keunggulan buku, bertujuan untuk membantu pembaca dalam mempertimbangkan membeli atau tidak buku tersebut.
  5. Kelemahan buku, dibuat sebagai masukan untuk penulis tentang hasil karyanya.

Contoh Resensi Buku Fiksi Genre Roman

Identitas Buku

  • Judul buku : Dear Nathan
  • Pengarang : Erisca Febrianti
  • Penerbit : Best Media
  • Tahun terbit : Maret 2016
  • Jumlah halaman : 528 Halaman

Sinopsis Buku

Resensi novel Dear Nathan. Novel ini bergenre roman yang berkisah tentang masa putih abu-abu. Di dalamnya dikisahkan 2 orang yang memiliki dua kepribadian yang sangat berbeda bagai bumi dan langit. Gadis lugu Salma yang selalu takut kalau berbuat salah tapi pindah ke sekolah barunya yang penuh dengan anak-anak urakan.

Keadaan ini membuat Salma sangat tidak nyaman, terlebih saat hari pertamanya dia harus telat sekolah. Namun saat itu dia lolos dari hukuman karena dibantu oleh seorang cowok bernama Nathan, si pembuat onar. Keduanya semakin akrab, Nathan merasa Salma memiliki pengaruh positif terhadap dirinya, sehingga dia ingin selalu dekat.

Semakin sering menghabiskan waktu bersama, rupanya keduanya memiliki perasaan yang sama tapi tidak diutarakan. Nathan tidak berani mengatakan perasaan sebenarnya karena kejutekan Salma padanya.

Kelebihan Buku

Novel ini memiliki cerita yang epic tentang anak muda di masa putih abu-abu, yang mampu membawa pembaca ikut di dalamnya. Karakter Nathan sungguh susah ditebak, dibalik tipikal yang urakan dia tidak suka menyakiti hati cewek.

Kekurangan Buku

Banyak penggunaan diksi yang tidak pas pada novel Nathan ini, seringkali pembaca menemukan pemilihan diksi yang tidak pas saat membacanya. Pembaca merasa tidak cocok dengan penggunaan saya pada karakter Nathan yang sebenarnya bad boy.

Contoh Resensi Buku Cerita

Identitas Buku :

  • Judul buku : Kisah-Kisah 25 Nabi dan Rasul
  • Pengarang : Sholechul Azis
  • Penerbit : KunciKom
  • Tahun terbit : 2013

Sinopsis Buku

Resensi buku Kisah-Kisah 25 Nabi dan Rasul. Buku ini menceritakan tentang kisah-kisah 25 nabi yang penuh teladan. Semua kisah tentang setiap Nabi dan Rasul yang diceritakan lengkap beserta mukjizat yang dimiliki. Buku ini memberikan banyak pengetahuan tentang mukjizat yang dimiliki semua Nabi dan Rasul mulai dari berbicara dengan binatang dan kemampuan lainnya. Buku ini memberikan banyak hikmah untuk para pembaca dilengkapi dengan peta perjalanan Nabi.

Kelebihan Buku

Dari segi judul, buku ini sudah menarik orang untuk membelinya terlebih bagi orang yang sangat tertarik mengetahui tentang ilmu agama. Isinya ditulis berdasarkan hadis yang shahih dilengkapi dengan ayat-ayat Al-Quran dan gambar yang menarik.

Kekurangan Buku

Buku ini belum bisa menceritakan secara detail perjalanan Nabi dan Rasul saat berdakwah. Pembaca hanya mendapatkan informasi sebagian saja dan kurang mendetail.

Nah, demikian itulah megenai cotoh resensi buku yang biasa banyak dilakukan oleh orang yang gemar dalam melakukan analisa tersebut. Di dalam resensi atau ulasan tentu saja dijelaskan secara detail mengenai kelemahan dan kelebihan dari buku tersebut.

Namun sebelumnya tentu dituliskan sinopsis atau rangkuman singkat mengenai buku tersebut sehingga bisa memberikan gambaran terlebih dahulu mengenai buku tersebut. Jangan lupa di awal juga di tuliskan mengenai detail identitas buku tersebut mulai dari judul, pengarang, penerbit dan lainnya. Hal ini perlu untuk dicantumkan karena merupakan identitas buku yang tidak boleh dilewatkan dalam proses melakukan resensi sebuah buku atau karya tulis yang memiliki hak cipta. Jika identitas tidak dicantumkan maka tentu melanggar kode etik dalam melakukan resensi.

You May Also Like

About the Author: admin