Pengertian, Susunan Kerangka, Dan Contoh Makalah Terbaru

Contoh makalah banyak dicari oleh sebagian orang terutama anak kuliahan. Pasalnya selama di perkuliahan penulisan makalah ini dituntut harus benar-benar mendekati sempurna. Mulai dari urutan kerangka pembahasan, format halaman, tata bahasa, dan lain-lainnya harus diperhatikan dengan baik.

Bagi kamu yang masih sekolah atau kuliah tentu saja makalah menjadi santapan sehari hari yang merupakan tugas dari guru maupun dosen. Tentu saja pembuatan makalah tidaklah sulit karena makalah memiliki struktur yang sangat mudah untuk dipahami dan proses untuk membuatnya juga sangat mudah.

Mungkin sebagian besar dari kita sudah paham dengan langkah dan tata cara untuk membuat makalah. Tidaklah sulit jika sudah menentukan topik yang akan dibuat makalah. Hal ini makalah merupakan karya tulis resmi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan atau kepentingan tugas yang dilakukan. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar makalah, simak ulasan berikut.

Pengertian Makalah Dan Susunan Kerangka Penulisannya

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), makalah merupakan tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di hadapan umum, di suatu persidangan dan sering disusun untuk diterbitkan. Dalam penulisannya terdapat susunan kerangka yang menjadi pembentuk suatu makalah. Susunan kerangka dalam makalah terdiri dari :

  1. Cover

Cover merupakan halaman paling depan makalah yang memuat judul makalah, nama penulis, logo lembaga atau institusi, tempat, dan tahun terbit atau tahun pembelajaran.

  1. Daftar Isi

Daftar isi memuat informasi isi makalah yang bertujuan untuk memudahkan pembaca menemukan bahan yang akan dibaca. Daftar isi harus memuat daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran (apabila ada).

  1. Kata Pengantar

Kata pengantar berisi tentang isi dari keseluhuran esensi makalah dan isi makalah secara menyeluruh namun umum.

  1. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bahasan awal topik penelitian di dalam makalah yang disusun oleh dan dari sudut pandang penulis. Penulisan pendahuluan harus lebih luas dan cukup cakupan dari luarnya saja sehingga mencakup esensi umum dari makalah.

  1. Latar Belakang

Latar belakang adalah suatu hal yang menjelaskan secara umum dari permasalahan yang ditemukan, serta mengapa masalah tersebut harus diteliti kemudian dianalisa dalam sebuah makalah. Latar belakang harus ditulis sejelas-jelasnya dan menggunakan kata yang mudah dipahami.

  1. Rumusan Masalah

Rumusan masalah merupakan pokok dari masalah yang ditemukannya. Biasanya rumusan masalah ini sangat singkat, padat, dan tidak melebihi satu paragraf yang isinya berupa poin pertanyaan.

  1. Tujuan Pembahasan

Tujuan pembahasan merupakan sub-bab pendahuluan yang berisi jawaban dari rumusan masalah. Misalnya rumusan masalahnya “Apa saja yang termasuk dalam penulisan kata?”, maka isinya harus membahas tentang macam-macam dari penulisa kata.

  1. Isi

Isi menjelaskan tentang permasalahan, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat dilakukan penelitian, sasaran penelitian, dan penjabaran hasil data yang diperoleh di lapangan.

  1. Bab Penutupan

Dalam bagian bab penutupan terdapat sub-bab yang berisi kesimpulan dan saran. Agar menjadi suatu makalah yang benar, dalam bab ini harus ada harapan penulis kepada pembaca sehingga penelitiannya bisa bermanfaat. Selain itu, penulis bisa memberikan kesan, pesan, dan ucapan terimakasih kepada pihak pendukung yang membantu menyelesaikan penelitian tersebut.

  1. Kesimpulan

Kesimpulan adalah penjelasan dari hasil penelitian yang diperoleh. Dalam arti lain, kesimpulan berisi jawaban dari rumusan masalah.

  1. Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi tentang daftar dari referensi yang dicantumkan dalam penulisan makalah. Daftar pustaka ini biasanya paling sedikit terdiri dari 25 referensi.

Contoh Makalah Dengan Tema Globalisasi

DAMPAK GLOBALISASI

Makalah ini disusun guna memenuhi salah satu tugas mata kuliah Ilmu Alam Dasar

Dosen Pengampu : Bambang, M.Pd.

LOGO INSTANSI/UNIVERSITAS

Disusun Oleh :

Rudi Hartono

Kelas PAI 1

NIM 3492840

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

JURUSAN TARBIYAH

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA TEMANGGUNG

2019

Cover ……………………………………………………………………………i

Daftar Isi ……………………………………………………………………..ii

Kata Pengantar ……………………………………………………………1

BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………2

  1. Latar Belakang ……………………………………………….2
  2. Rumusan Masalah ………………………………………….4
  3. Tujuan Pembahasan ……………………………………….4

BAB II ISI ……………………………………………………………………..5

  1. Dampak Globalisasi ……………………………………….5

BAB III PENUTUPAN ………………………………………………….20

Kesimpulan ………………………………………………………………..21

Daftar Pustaka ………………………………………………………….22

Kata Pengantar

Alhamdulilah puji syukur saya haturkan atas kehadirat Tuhan, karena atas kuasa-Nya saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Alam Dasar yang diampu oleh Bapak Bambang, M.Pd. Makalah ini tidak akan selesai tepat pada waktunya tanpa bantuan dan dukungan dari berbagai pihak.

Dalam membuat makalah ini tentu ada kurang dan salahnya, sehingga saya memiliki harapan besar kepada pembaca agar memberikan kritikan yang membangun. Kekurangan dan kesalahan hanyalah milik saya seorang dan kebenaran hadirnya dari Tuhan Yang Maha Esa.

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Globalisasi adalah suatu proses sesama manusia tidak memiliki batasan apa pun entah itu batasan jenis kelamin, wilayah, dan agama. Contoh dari globalisasi yaitu penggunaan internet, semua pengguna internet dapat berhubungan dengan manusia dimana pun, kapan pun dengan jarak sejauh apa pun.

Faktor pendukung globalisasi adalah adanya peradangan bebas dan mudahnya seseorang dalam melakukan migrasi serta hubungan antar negara. Jadi memang sudah sewajarnya bila globalisasi hadir dan terus ada di dunia dan selalu berkembang.

  1. Rumusan Masalah

Apa dampak globalisasi untuk pendidikan di Indonesia?

  1. Tujuan

Untuk mengetahui dampak globalisasi di Indonesia.

BAB II PEMBAHASAN

  1. Dampak Globalisasi

Setiap kejadian yang ada pasti ada dampak posifit dan negatifnya. Dampak positifnya di bidang pendidikan adalah berkembangnya cara mengajar dengan bantuan multimedia, kemudahan dalam akses informasi.

Sedangkan dampak negatifnya adalah globalisasi berdampak buruk untuk kehidupan makhluk yang tinggal dan berkembang di dunia ini. Globalisasi dapat menurunkan kualitas moral seorang siswa, meningkatkan kesenjangan sosial dan membuat siswa atau pelajar lebih suka cara yang instan sehingga tidak suka membaca buku.

BAB III PENUTUP

Kesimpulan

Tidak dapat dipungkiri bahwa globalisasi tidak dapat dihindari. Akan tetapi globalisasi memiliki dampak positif berupa pendidikan yang semakin mudah dan berkembang. Sedangkan dampak negatifnya adalah rusaknya moral, kesenjangan sosial bahkan terkikisnya budaya lokal karena lebih terfokus ke budaya barat.

Daftar Pustaka

Tanjung, Pandang. 2018. Globalisasi. Jakarta. Mentari Pagi.

 

Dalam pembuatan makalah tentu strukturnya harus sesuai dan jelas. Pastikan bahwa kamu membuat alur makalah dengan baik dan benar sehingga akan bisa menjelaskan apa yang menjadi isi dari makalah tersebut.

Gunakan gaya bahasa yang benar sesuai dengan EYD bahasa indonesia yang baik dan benar. Hal ini karen makalah adalah salah satu dokumen resmi yang dalam pembuatannya harus benar benar teliti agar tidak salah penempatan posisi, kata dan aturan dalam penulisan. Pahami aturan dan sistematika penulisan makalah yang tepat yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: admin