San Diego Hills, Tempat Pemakaman Indra Gunawan

San Diego Hills merupakan pemakaman pertama di Indonesia yang mengadopsi konsep mewah dan desain arsitektur yang elegan, yaitu konsep forest lawn. Tak hanya itu saja, desain arsitektur yang disediakan juga menyatu dengan budaya Indonesia sehingga siapapun bisa membeli lahan makam di sini. Bahkan banyak orang terkenal yang dimakamkan di San Diego Hills, salah satunya Indra Gunawan.

Mengenal Indra Gunawan

Indra Gunawan atau Lie Tjuan Sien adalah pelatih, pemain, dan pengamat bulu tangkis Indonesia. Ia lahir pada tanggal 23 September 1947. Ia pernah menjuarai Asian Games 1970 pada nomor ganda, menjuarai Kejuaraan Asia pada 1971, dan bergabung dengan tim Piala Thomas Indonesia pada 1970, 1971, dan 1973.

Sebagai seorang pelatih, Indra Gunawan berperan dalam menciptakan kesuksesan bagi para atlet besar seperti Alan Budikusuma, Ardi B. Wiranata dan Joko Suprianto. Sayangnya, ia meninggal di Jakarta pada 7 Juni 2009 dalam usia 61 tahun karena menderita kanker usus besar selama dua tahun.

Pemakaman Indra Gunawan di San Diego Hills

Indra Gunawan dimakamkan di San Diego Hills, salah satu tempat pemakaman elit milik PT Lippo Karawaci Tbk di Karawang, Jawa Barat. Bisa dibilang San Diego Hills masuk dalam kategori kompleks pemakaman termahal di Indonesia karena fasilitas dan pelayanan yang diberikan tidak tanggung-tanggung yang tentu akan membuat siapa saja tercengang.

Mengingat harga Pemakaman San Diego Hill terus meningkat setiap tahun, banyak orang memilih untuk memesan lahan pemakaman San Diego Hill sebagai investasi atau persiapan di masa depan. Untuk pemilihan makamnya sendiri terbagi dalam banyak tipe dan lokasi.

Ada struktur bangunan yang sudah tersedia dan hanya cocok untuk satu atau dua orang hingga kuburan yang lebih besar bahkan ada juga lahan makam untuk 10 hingga 20 orang di mana bangunan di area tersebut dapat dibangun sendiri-sendiri sesuai dengan desain yang dibutuhkan atau diinginkan.

Bangunan-bangunan di San Diego Hills terdiri dari berbagai bangunan mewah yang beberapa di antaranya didedikasikan untuk agama tertentu, seperti Islam, Kristen, Budha, dan Katolik. Desain arsitektur setiap bangunan didasarkan pada kaidah dan aturan agama masing-masing. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada keluarga yang datang berziarah sehingga dapat berdoa dengan tenang sesuai dengan agamanya masing-masing.

Selain bangunan yang dibangun berdasarkan agama yang dianut, San Diego Hills juga memiliki banyak fasilitas keluarga yang dapat digunakan seperti area jogging, area camping, area sepeda, restoran Italia, toko souvenir atu bunga, heli pad, danau, minimarket, dan masih banyak lagi. Tentu saja hal ini juga didukung dengan lahan yang luas dan hijau dengan ditumbuhi banyak pepohonan yang rindang sehingga memberikan lingkungan yang sejuk dan menyegarkan.

Inilah mengapa San Diego Hills tidak terlihat seperti tempat pemakaman pada umumnya melainkan objek wisata karena tidak memberikan kesan angker dan menyeramkan seperti pemakaman pada umumnya. Untuk pemilik lahan makam bisa masuk secara gratis namun untuk para pengunjung biasanya akan dikenakan biaya masuk untuk menikmati fasilitasnya.

Untuk harga lahan makam San Diego Hills bervariasi mulai dari ratusan juta hingga milyaran rupiah tergantung pada tipe makam, jumlah lahan makam, dan juga area atau lokasi makam. San Diego Hills juga menawarkan paket pemakaman sehingga bisa dibeli dengan harga yang lebih murah yang tentu memberikan keuntungan bagi pemilik dan juga keluarga.

You May Also Like

About the Author: admin